Senin, 16 Agustus 2010

Minor in Major

Hey, what's up dude? *haha gaya ah*
Satu hari menuju hari Kemerdekaan RI. Hmmmmhh... Sudahkah kita merdeka dari diskriminasi sosial? Nampaknya belom.. Oke, sebelum kita ngebahas Hari Kemerdekaan dan judul yang gw buat diatas, "Minor in Major", ada baiknya kita ngomongin soal jalan-jalan kemaren sama temen-temen. Hehe.

Ceritanya malem minggu, kita buka puasa bareng dan nonton Killers sambil ngabuburit. Ceritanya ini acaranya gw sama Erlin, soalnya kita berdua yang nraktir. Erlin ulang taun bulan Juli, gw Agustus, jadi sekalian dibarengin aja gitu biar gampang. Hihihi.

Eh, pas nyampe di tempat makan, gw sama Erlin ditinggal gitu aja sama anak-anak ke WC, trus tau-tau dateng lagi sambil bawa-bawa kue! Hehe. *berarti kuenya dari WC?!*


Terrruuusss, yah, apalagi yang akan dilakukan di tempat makan selain makan-makan?? Hehe. Kebetulan begitu kuenya dateng, bedug maghrib pun mengguncang, langsung dicicipilah itu kue. Hihihi.
Puas makan-makan, apalagi yang bakal dilakukan selain foto-foto?? Hehehe ;p

Foto yang atas: Lya, Omey, Ayas, Erlin.

Kadang gw suka lupa, betapa cantik-cantiknya temen-temen gw! Haha ;p


Oke, sekian kita sharing masalah jalan-jalan. Balik lagi ke judul, Minor in Major. Kita tau, Indonesia pendudukanya ini mayoritas beragama Islam. Tapi kita tau juga, Indonesia bukan negara Islam. Ada 5 agama lain yang diakui oleh negeri ini. Ironisnya, pemerintah dan berbagai OrMas Islam seakan ngga pernah ngehormatin agama lain.

Gini.. Kemaren, kemaren, kemarennya lagi (ih ribet deh. hehe), pas sahur gw nonton acara berita di tv. Diberitakan ada razia rumah makan yang buka pada siang hari oleh petugas Pemda. Yang gw liat sih itu bangku-bangku rumah makannya sampe pada digotongin begitu, dan si engkoh-engkoh yang punya rumah makannya cuma pasrah aja sambil ngeliatin para petugas "beraksi". Petugas bilang, hal ini dilakukan untuk menghormati umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Kalo menurut gw sih ya, ngga usah sampe segitunya sih, rumah makan yang buka siang-siang pake di razia segala. Mana bangkunya pake digotongin. Hak yang punya rumah makan dong buat tetep buka pas bulan puasa, toh dia juga cari nafkah. Toh dia yang punya rumah makan juga bukan Muslim. Toh di negara ini penduduknya ngga semua Muslim. Kasian dong yang non-Muslim kalo rumah makan pada tutup siang-siang? Lagian, kalopun ada umat Muslim yang males puasa dan makan di tempat itu, lha itu kan bukan salahnya yang punya rumah makan. Biarin aja mereka yang males puasa, urusannya langsung sama Allah SWT.

Bayangin deh kalo kita tuker posisi. Kalo misalnya Indonesia ini mayoritas agama Hindu, sedangkan kita yang Muslim ini minoritas. Pas lagi ada hari raya Nyepi, kita dipaksa harus ikutan matiin listrik, menutup semua tempat umum, dan menghentikan segala aktivitas untuk menghormati mereka. Kita pasti ngerasa risih kan? Kita juga pasti ingin dihormatin karena kita juga masih punya banyak urusan di luar rumah.

Ngerasa ngga sih? Kayaknya umat Muslim pengennya dihormatiiinnn melulu. Padahal kayaknya kita ngga mau ngehormatin agama lain. Coba deh liat di berita, banyak banget gereja-gereja yang dibongkar paksa, dirusak, dihancurin sama petugas dan OrMas Islam. Kita kan bukan negara Islam, kita Indonesia, dengan segala keberagaman, termasuk agama. Masa sih masih aja ada diskriminasi agama?? 

Saya seorang Muslim, tapi saya masih menghormati agama lain. Saya masih menghormati ke-minoritas-an. Lagian, kalo kita pengen dihormatin oleh agama lain, mulailah untuk menghormati agama lain juga. Besok 17 Agustus adalah hari Kemerdekaan Indonesia, tapi kita  masih aja belum merdeka dari diskriminasi sosial. Kita masih dijajah, dijajah oleh sesama penduduk Indonesia. Ironis.

22 komentar:

  1. bener banget,,,,
    kita di Indonesia hidup beragama....
    jadi udah seharusnya toleransi dijunjung tinggi....

    BalasHapus
  2. ya kita yang tinggal di indonesia bermacam suku adat dan budaya.. termasuk agama.., udah kewjiaban setiap kita hormati dan toleransi ber agama... itu yg harus di jaga...

    BalasHapus
  3. betul betul betul! *ala Ipin*

    eh, aduh, ini kok comment sepi amat yah?? -.-'

    BalasHapus
  4. Hmmm..fenomena ini memang sepertinya sulit juga ya untuk dipecahkan. Mungkin perlu ada semacam forum yang digagas ke 5 agama utk menangani masalah ini.

    BalasHapus
  5. dengan kondisi sekarang jadi susah memaknai arti kemerdekaan itu apa dan bagi siapa? beginilah negara yang penuduknya sebagian besar pendidikannya masih rendah sehingga mudah dihasut ama orang yang gak bener^^

    BalasHapus
  6. saya senang denger org yg merespek agama lain :) i really love this thoughtful post ! i agree with everything you say :)
    sebagai minoritas di indonesia (saya beragama kristen dan ber-ras cina), saya sering kali di "sensiin" padahal saya tdk bersalah. i hope more indonesians can have a GREAT insight like you do !

    spread the love .x
    thanks for the blog birthday wish :)
    GLISTERSandBLISTERS

    BalasHapus
  7. waw.... bener banget apa yang ditulis disini.
    suka banget sama kalimat terakhir yang bilang;

    Kita masih dijajah, dijajah oleh sesama penduduk Indonesia

    what an ironic dengan 'bhineka tunggal ika' - nya milik Indonesia yah.
    sayang aku pas gak nonton tayangan dibilangin itu.

    salam kenal yah wulan
    perdana maen ke sini nih, dan terkesan ama tulisan ini
    *belon baca yang laen*
    :D

    BalasHapus
  8. aw..aw...kuenya wangi apa ya...
    hihihi...happy birthday..

    BalasHapus
  9. "*berarti kuenya dari WC?!*" Ngakak dah gue baca ini :D
    Setuju sekali sama pandapat Anda.
    Saya sampe terharu :')

    BalasHapus
  10. Satu lagi. Judulnya menarik banget :)

    BalasHapus
  11. Duh, Setuju neh, memang dalam keberagaman agama dinegeri ini, jiwa2 toleransi dan saling menghormati kudu terus dipelihara...
    dan sip fotonya, kek jojo dan shinta.. heheh

    BalasHapus
  12. hahaha, kue yg dteng dri WC kliatannya enk ya XD

    ya ya, stuju bgt tuh!
    aq non-muslim ya, tpi tetep aja kita hrus mnghormati sesama walopun beda agama.
    aku bnyk pnya tmen muslim, di bln ramadhan nie aku g mkan siang (biasanya d kampus)di dpan yg lgi puasa.


    oh, slmat berpuasa dan dirgahayu indonesia 65 :D

    BalasHapus
  13. aku suka blog ini. kontennya menarik,. mirip punyanya diana rikasari. cakep deh..:-q

    BalasHapus
  14. duh tiap minggu ada di webnya gogirlmagz ya skrg??? hahha
    koq ga ktmuan sama odoy sih??

    BalasHapus
  15. setuju ma wulan ^^ seharusnya ga perlu sampe melarang jualan seperti itu
    lagipula ak puasa jg ga terganggu koq kalo ada rumah makan yg buka :D

    abis nraktir temen2 ya? ^^
    klo ak udah janjian ma tmn2 abis lebaran aja nraktirnya hehe
    abis males keluar klo puasa

    BalasHapus
  16. setuju...

    perlakukan sebaik mungkin orang lain layaknya kau juga ingin diperlakukan se[erti itu..

    so saling menghormati di anatar umat beragama itu adalah hal yang utama...

    ttg postku,,memang banyak yang bilang klo gambar yang ke-3 memang sedikit menggelikan..hehehe

    check my new post.thx

    BalasHapus
  17. wah makasih semuanya atas komen2 kalian yg berharga.. hiks.. terharu juga saya jadinya.. T_T

    BalasHapus
  18. widihh, betulbetulbetul banget tuh wulan , setuju deh sama kamu!!! kita harus senantiasa menghormati antar umat beragama! tapi sumpah, pada awalnya gue nyangka lu tuh bukan orang muslim lagi! hahaha . eh, pas ujung2nya ternyata orang muslim :) Great Post !

    dianaurora.blogspot.com

    BalasHapus