Jumat, 05 Maret 2010

Frida Kahlo

Mau berbagi sedikit informasi tentang pelukis wanita asal Mexico yang namanya Frida Kahlo. Kenapa saya pengen tulis disini? Karna kisah hidupnya menarik dan dramatis banget. Ga percaya? Lanjut baca aja deh mendingan..

1. Aspek fisik.

Frida Kahlo yang caaannttiiiikkk banget lahir pada 6 Juli 1907. Pas umur 5 tahun dia kena penyakit polio. Terus pas remaja dia pernah kecelakaan (tabrakan deh kalo ga salah) yang menyebabkan tulang punggung, pinggul, sampe kakinya patah dan remuk! Alhasil dia dioperasi sampe belasan kali! Tapi walopun udah dioperasi, dia ga bisa sembuh total 100%. Punggungnya mesti dipasangin pen besi, pinggulnya juga, soalnya udah remuk parah sampe-sampe ga bisa tegak lagi badanya.

Dan dia juga selalu ngerasa kesakitan di seumur hidupnya gara-gara pen besi itu! Karena itu juga, dia jadi ga bisa punya anak (soalnya pen besinya itu kena rahimnya. Sumpah ni orang kasian banget!). Berkali-kali dia hamil, tapi lagi, lagi, dan lagi dia harus gugurin kandungannya.



2. Aspek Psikologis
Dan karena dia ga pernah punya anak, dia jadi selalu memperlakukan suaminya (Diego Rivera, pelukis juga) kaya anaknya sendiri! Jadi suka dimanja-manja gitu (what a freak!!?).


Oya, selain hubungannya sama suaminya, ternyata Frida Kahlo itu juga seorang lesbian. Pacar lesbiannya (Dorothy) tewas bunuh diri loncat dari atas apartemennya karena stress dengan kehidupan keartisannya.


3. Karya-karyanya
Frida Kahlo kebanyakan melukis self-portrait tentang dirinya sendiri. Dan sebagian besar lukisannya bertema horror dan "gelap" untuk melukiskan setapa sakit yang ia derita disepanjang hidupnya karena kecelakaan itu. Dia juga suka melukiskan dirinya dengan 2 sisi kepribadian. Ada kepribadian yang feminin, dan kepribadian yang androgini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar