Senin, 09 Agustus 2010

Krisis Identitas

Sebelumnya saya mau bilang makasih banyak buat yang udah ngucapin selamat ulang taun. Hihihi. What a blast! :D

Oya, untuk post kali ini, gw mau sedikit curhat tentang pengalaman di dunia maya, lebih khusus lagi dalam dunia per-blog-an. Gw sempet ngalamin krisis identitas dalam menulis sebuah blog. Kemarin-kemarin gw kayak hilang identitas. Gw kayak terbawa arus. Gw bukan menjadi gw yang sebenernya. (sampe sini pada bingung ngga? Sama.)

Jadi gini, gw mulai bikin blog sekitar taun 2008. Alesan gw mau bikin blog karena gw itu orangnya suka cerita, gw suka sharing tentang apa aja yang gw suka, yang menurut gw menarik buat diceritain. Gw juga suka berpendapat, gw suka beropini, yah pokoknya suka ngomentarin apa yang gw liat rada melenceng dari nalar aku. Gw juga rada narsis, jadi blog sekalian buat nampang. Hehe. Terus gw juga orangnya suka pamer. Makanya gw bikin blog sekalian buat pamer hasil karya gw. Hihihi.

Sekitar beberapa bulan setelah bikin blog, gw ngeliat blognya Diana Rikasari, yang cenderung lebih ke fashion. Gw jadi ikut-ikutan bikin blog gw jadi fashion blog. Terus gw juga sering blogwalking ke fashion blog-fashion blog yang lain. Rata-rata pada pakai bahasa Inggris. Untuk beberapa posting, gw jadi ikutan pakai bahasa Inggris di blog gw dan nampilin daily outfit photo gw. Jujur gw ngerasa ngga nyaman kalo harus pakai bahasa Inggris karena ngga bisa bebas mengekpresikan apa yang kita rasain.

Terus, baru-baru ini gw mulai blogwalking ke blog-blog serius yang selalu bikin posting mengenai pembahasan yang sangat berat. Lagi-lagi, gw ikutan. Aku ikutan berbicara berat. Beberapa posting kebelakang, gw sering banget pakai kata ganti "saya" dan "anda". Itu juga bikin gw ngga nyaman karena kayaknya keliatan serius banget. Padahal gw ini orangnya sangat nyeleneh dan ngga terlalu suka sama sesuatu yang terlalu serius.

Gw jadi bingung. Temen-temen blogger gw juga dari kalangan macem-macem. Ada yang masih sekolah, ada yang fashionista banget, ada bapak-bapak yang serius banget, ada artist yang artsy banget, ada yang nyeleneh kayak aku, ada juga yang suka bikin puisi dengan diksi dan makna yang sangat memepesona. Semua itu bikin gw jadi kaku kalo mau bikin sebuah postingan. Kalo gw bikin postingan mengenai fashion & daily outfit, takutnya nanti temen-temen yang serius nganggep "apaan sih ini blog? ngga makna banget deh postingannya!". Tapi kalo gw bikin sesuatu yang serius, takutnya nanti blogger-blogger yang nyantai serta fashion blogger bilang "apaan sih lo? nerd banget deh. cupu tau!". Naaahhh! Bingung kan??

Jujur, interest gw emang banyak. Ya, gw ini orangnya nyantai dan nyeleneh, tapi gw juga bisa serius kalo dihadapkan sama sesuatu yang berbeda dari jalan pikiran gw. Ya, gw emang suka banget sama fashion, tapi bukan berarti gw ngga suka politik kan? Ya, gw punya passion yang gede banget sama art. Gw suka menggambar, photo manipulating, photography, dan tentunya, menulis. Gw suka nulis, gw juga suka bikin puisi. Gw emang nyeni dan agak-agak sosial, tapi bukan berarti gw ngga suka science. Gw suka banget sama ilmu pengetahuan alam, apalagi yang berbau bumi dan antariksa. Malah sempet punya cita-cita jadi ahli Geofisika, tapi kandas (bisa baca postingannya yang berjudul Kegagalan Adalah Rencana Tuhan).

Yaaa, dengan macem-macem bidang yang gw suka, gw justru malah jadi kaku buat nulis blog. Ini sebenernya blog tentang apa? Kenapa isinya macem-macem? Ah, ngga konsisten! Beeeggiiittuuuu lah pernyataan yang gw takutin dari orang-orang yang baca blog gw. Dan masih banyak lagi komentar buruk yang melayang-layang di otak gw.

"Hey, ini kan blog gw, terserah gw dong mau nulis apa aja. Orang lain pun bebas berpendapat apa aja." Ya, akhirnya gw mulai sadar juga, jadilah diri sendiri. Jadilah blog ini sebagai proyeksi diri gw sendiri. Gw mau nulis tentang politik kek, fashion kek, fotografi kek, terserah gw. Toh semua itu emang bidang yang gw suka. Gw ngga mau sok-sokan pake bahasa Inggris biar dibilang gaul. Gw ngga mau sok-sokan serius biar dibilang intelek. Gw ya gw. Ya begini. Di satu sisi nyeleneh, di satu sisi serius, di satu sisi artsy, di satu sisi nerd, di satu sisi fashionista. Ini bukan masalah kepribadian, ini cuma masalah passion. Masalah passion yang bisa bikin kehilangan identitas. Hehe. Emang, kadang-kadang suatu kecintaan yang berlebihan & kebanyakan itu ngga baik juga. Hehe.

Jadi, apa intinya postingan ini?
Intinya, gw cuma mau mengumandangkan seonggok uneg-uneg mengenai krisis identitas yang terjadi pada gw selama nge-blog. Gw juga mau minta maaf karena isi blog ini campur aduk kayak nasi rames. Karena inilah gw. Dan ini blog gw. ^_^

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Outfit Post!

Oke, lupain masalah krisis identitasnya. Waaa, udah lama ngga bikin outfit post. Ceritanya kemaren gw nraktir nonton si Beri. Kita nonton Inception (haha basi banget kayaknya gw baru nonton!).


Banyak temen gw yang bilang gini pas kemaren-kemaren gw ajakin nonton Inception "ah, otak lo mah kaga bakalan nyampe U buat nonton Inception!". Waah, kesannya otak gw setengah doang gitu. Tapi kemaren gw kekeuh pengen nonton Inception, dan untungnya gw nonton sama Beri (Beri itu pinter & cepet tanggep, ngga kayak gw. hehe). Selama nonton kita ribet sendiri adu pendapat tentang jalan cerita. Apalagi banyak banget istilah-istilah yang susah dipahamin. Tapi beneran deh, Inception emang wajib nonton banget bagi yang suka sci-fi atau bagi pemikir keras kayak bokap gw & Beri. Ngga bakalan nyesel nonton film ini!

Dan ini outfit yang kemarin buat nonton. Ini tuh celana nyokap dari jaman dulu. Gw baru nemu pas lagi jemurin baju, terus langsung minta ijin pake setelah kering & disetrika. Hehe.

Semoga hari ini menyenangkan, and happy Monday! :D

38 komentar:

  1. nice style...
    hihihih,,ayo liburan kesanaaaaa...
    aku aja pengen kesana lagiii

    BalasHapus
  2. baca tulisan ini jadi langsung ngeliat isi blog ku juga,bener tuh bisa diibaratkan ky nasi rames, campur campur..pokonya apa yg aku suka ya tulis aja ga peduli orang mikir apa, namanya jg personal blog..yakanyakan :D

    oiya tetep naksir sm tas kamuu, belinya di tajur toh?ditoko apa ya?soalnya lumayan sering kesana :D

    btw km kelupaan naro link ku yah?koq ga kliatan yah disini?

    *maap komen nya jd panjang bgd :D

    BalasHapus
  3. hahahaha,,,,
    masih mending blog kamu...
    blog ku udah gak berbentuk tuh...hehehehe

    BalasHapus
  4. @dorothy: waaa kejauhan liburan kesanaaa. blom ada waktu. hihi *sok sibuk*

    @dv: yaampun mbak! lupa! hehe. udah di update tu ma blogrollnya. hehe maap dah maap. ;p
    bukan di Tajurnya sih, tapi di ITC BSD, tokonya namanya Tajur;s Bag, katanya mereka emang belinya dari Tajur. hehe

    @riesta: hihi blog kita emang sama2 ga berbentuk mba! hehe ;p

    BalasHapus
  5. Dari fotonya tak ada tanda-tanda krisis, yang ada malah narsis. Hihihi

    BalasHapus
  6. mau apa pun isinya, curhatan sekalipun asalakan d posting secara profesional semua akan jadi bermanfaat. Blog gado - gado lebih variatif menurut saya.. hehehe..

    Oh iya, sepertinya post nya ketutup sama photo2 d bawahnya. Pasti pengunjung cenderung melihat gambar terlebih dahulu. Keep narsies..

    BalasHapus
  7. yuph, "do what you want to do" , dear ! ini blog kita , ini hidup kita , lakukan apa yang kita mau dan apa yang ingin kita keluarkan. bukankah blog itu adalah cara untuk mengeluarkan keluh kesah ?? yaa , asal tetep "think before posting" aja yaa.. hehe. aku pun sama , minatku banyak, sampe akhirnya aku punya 2 blog . satu fashion , satunya lagi tentang diary-ku, tulisanku!

    intinya ;

    "dream what you want to dream , go where you want to go , be what you want to be , because you have only life and one chance to do all the things you want to do."

    *happy blogging (:

    dianaurora.blogspot.com
    dianauroradiaries.blogspot.com

    BalasHapus
  8. i love your necklace anyway (:

    dianaurora.blogspot.com

    BalasHapus
  9. ooow di ITC BSD, kapan2 cari kesana aah :D
    tinggal ditangerang?dimananya? *eh aku uda pernah nanya blm c? hehehe..maap lupa.

    makasii ya uda di link, hehehe..oiya itu link ku ga muncul recent item nya yah?minta tlg diganti link sm ini yah lan >> http://thismy1stblog.blogspot.com/atom.xml

    atau klo mo jelasnya klik nama ku aja, langsung nge-link ke artikelnya..
    maap merepotkan ya lan..tq :)

    BalasHapus
  10. dulu aku pernah bikin banyak blog untuk membagi bagi tema. tapi lama-lama kok suntuk. malah jadi pegawe blogger, tiap hari kerjanya nyari artikel ini itu yang ga aku banget. akhirnya aku tutup semua tuh. tinggal blog ngoceh aja yang disisain. hehehe

    BalasHapus
  11. hey ! thx for ur cmmnt :)
    i luv ur style. hehehe..
    and the last picts is my favorite :D

    xoxo

    BalasHapus
  12. waaaaaah,efek kamera bagus juga.... dari kameranya,pilemnya,photoshop atau aura orang yg difoto.... (aura angker)

    BalasHapus
  13. hehe, sama sih..
    blog aku juga campur aduk,
    isinya ngga konsisten di satu 'jalur' aja :D

    tasnya lucu deh..
    * devi, kalo nyari titip satu. haha :))
    oyaa, salam kenal yaa ;D

    BalasHapus
  14. eh met ultah haha telat benar

    dan saya belum nonton inception pun

    BalasHapus
  15. Just the way you are honey... dibikin asyik aja neng. btw walau telat, all the best wishes on your birthday.

    BalasHapus
  16. hey wulan, thanks for comment in my blog.
    anyway, just be your self wulan. you go girl :)

    nice strapped sandals. <3

    BalasHapus
  17. Hey, there :D
    Thanks yah udh drop comment. Tuker link?

    Well, aku setuju banget deh sama kamu.
    Soalnya sempet ad waktu dmn aku juga dalam kondisi yg sama kayak kamu, "ikut2an". Tapi ya yg namanya blog mencerminkan diri kita yg sebenarnya. So just be yourself! :D

    -Jane

    BalasHapus
  18. Mending pake gaya sendiri aja. Yg bikin nyaman pas nulis. Kalo cuma nurutin kepuasan pembaca, terus gimana sama kepuasan penulis itu sendiri? :)

    BalasHapus
  19. daLam persepsi saya. bahasa ada 3, yakni bahasa tubuh, Lisan, dan tuLisan. nah dari saLah satu bahasa tersebut paLing tidak sedikitnya bisa mencerminkan karakter dari penuLisnya. begitupun dengan komentar yang disampaikan, disitu akan terLihat dengan jeLas bagaimana karakter dari pengunjung dan akan tercermin bahwa yang menuLis komentar tersebut hanya sekedar "meLihat" tuLisan atau teLah "membacanya".
    adapun konsep bLog, saya kira bebas aja tergantung seLera dari adminnya (seperti di atas), begitupun bagi yang berkomentar terserah yang menyampaikan komentar. namun perLu sedikit diperhatikan adaLah saLing menghargai dan menghormati antara penuLis konten dan pengunjung, begitupun sebaLiknya. sehingga terciptanya sebuah sinergi dari kedua beLah pihak dan terciptanya sebuah komunikasi yang baik antara sesama bLogger.
    kayaknya nih yang nuLis komentar serius banget yah, hehehe...
    yang penting hepi bLogging aja deh, setiap orang punya identitas masing-masing. perbedaan adaLah untuk meLengkapi satu sama Lain, bukan untuk dibeda-bedakan.
    maap nih kaLo komentarnya kebanyakan.

    BalasHapus
  20. hai, hadir disni menyapamu, pa kabar sob?
    tukeran link yok..
    link kamu sdh terpasang rapi di blog ku, silahkan dicek..
    di tunggu kehadirannya.. makasih :D
    oh, ya sob.. follow jg yah, ntar q follow blik deh.. lmyn bwt ngerame'in blog newbie ini..he3

    BalasHapus
  21. waaahhh... telad dunk... tp gpp dee... met ulang taon iia :) warna2 di photo2nya menarik :)

    BalasHapus
  22. kalo ngeblog suka-sukanya wulan ajah
    yg penting wulan nyaman ajah ^^
    jgn takut sama komentar teman2, blogger baik2 koq pasti komennya jg baik2 ^___^

    btw clananya luc bgt sih hehe :D

    BalasHapus
  23. hahahha
    posting apa aja lah say
    apapun yang kepikiran sama kamu
    soal blog pake bahasa inggris
    kamu bener, emang gak bebas berekspresi
    tapi saya nulis pake english buat nambah2 kelancaran berbahasa inggris saya aja :)
    keep blogging yaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  24. Haha.. iya ternyata sama post'y hho.....eumj buta blognya kayanay terserah aja deh mau diapain haha.... ga jelas pun gpp haha......

    Have a nice day!!!

    BalasHapus
  25. hahahaha sama banget kaya gue! tadinya emang mau bikin fashion blog gitu. tapi kok setelah gue pikir2 gue gak stylish2 bgt. hmm baru nyadar kalo passion gue itu di travelling sm fashion. tapi bukan yg fashion hardcore. i love clothes and others but i'm not dying to get that :) jadi skrg mau post tentang daily life aja hehe. makasi ya udah bikin post ini :)

    BalasHapus
  26. hahaha, klo aku jga bkin blog thn 2008. dpt pensiun beberapa bulan, lgi krisis jga... krisis males...

    Klo mau enak nulis blog mah nulis dgn style sndiri gtu, ga usa niru org kalo ga pas sama kitanya, cepet bosennn, haha

    blog kita mirip2 lah, walopun ga gtu berbentuk yg penting kta nge-blog dgn hepi ^^d

    walopun aku ngga gtu hepi soal Monday D:

    BalasHapus
  27. hmm..intinya emang satu..ini blog kamu jadi kamu bebas mau nulis apa aja disini :)
    beberapa orang, termasuk aku, lebih suka memfokuskan apa yang ditulis diblog..that's why I have 3 blog!! satu fashion blog, couple blog, dan wedding blog..haha..alasannya simple,biar ga ribet aja :p..
    tp ga ada salahnya juga untuk nulis apapun yang kamu suka diblog..toh bisa dibilang ini diary kamu kan? :)..yang penting jadi diri sendiri aja dan menulislah dengan hati..biar kamunya enak dan yang baca juga enak :)..hehe

    BalasHapus
  28. krisis identitas : pencarian jati dirri sesion 2. :)

    BalasHapus
  29. ohh,,ternyata wulan nih temen baik dianarikasari toch...,,

    oh..ini uneg2 tentang ngeblog toch....

    oh,,kali pertama dateng kesini aku langsung suka dengan blog ini. unik dan menarik!!

    BalasHapus
  30. yup,,,
    just go with your own way,,
    engga salah kan menuangkan apa aja yang kamu suka,, bener kata mba fika, mungkin kamu bisa bikin beberapa blog untuk topik yg berbeda :)
    just feel free to get your comfort zone

    BalasHapus
  31. dear.this ur blog.so pedulikan apa yang kamu mau post.yang pasti masih ada orang baca and visit ur blog.hehe:)
    and the,ur outfit,i like dear.like the trouser.look so comfy :)
    btw,thanks for lemme me know ur camera.we use same camera la.i just bought it too because it the cheapest one.HAHA:)

    loves.

    BalasHapus
  32. hahaha lucu lo kalo cerita, sama kayak gue lan campur aduk postingan blognya,
    yah baru nonton inception haha otak gue capek lan nonton tuh film, auranya mau marah marah mulu, filmnya muter-muter haha, tapi keren abis hahaha. sory baru mampir lan, buat yang ulang tahun. happy birthday ya :D, sory telat

    BalasHapus
  33. aihhh love ur pants! :):)

    xoxo kelly
    http://robotickelly.blogspot.com

    BalasHapus
  34. thanks ya wulan udah mampir :D
    iya bener itu klo pake bahasa inggris ribet liat aja blog ogut bahasa inggrisnya ancur :D bhawawawa
    btw foto ke dua pake efek apa ya?

    BalasHapus
  35. @Ian: hahaha. udah berani dia.. blom pernah kelilipan genteng kali?! haha

    @all: hehe iya2.. huhu. emang ni, kita harus jadi diri sendiri, susah juga buat ikutan orang lain biar dibilang oke. hehe. makasih yaa buat banyak masukannya!
    buat yg baru ngucapin ulang taun juga makasih banget yah! :D

    BalasHapus
  36. kayanya hampir semua orang pernah ngalamin krisis di blog. aku jg gitu soalnya. hehehehe
    makasi ya uda mampir. i like your pants. looks so comfy
    anyway, aku br tau di itc bsd ada toko namanya itu. itu dimananya ya?

    BalasHapus
  37. Nice post!
    *buset, banyak amat komennya.. hehehe

    Salam kenal!

    BalasHapus
  38. Ohya satu lagi, kayanya sidebar link yang gogirlmagz udah ga berfungsi lagi deh.. Apa di komputer gw aja yang kaya gt? Hehehehe..

    BalasHapus