Senin, 10 Juni 2013

Calm Down

Kemarin, tepatnya pada sore hari yang indah dan cerah, datanglah sebuah kejadihaaaann luhaaar bihasaaa terhadap ponsel sahhaaya!

Kejadian apa itu?

Kejadian dimana pada saat itu sahaya akan memindahkan semua data foto dan video yang ada di hengpon sahaya dimana si memory cardnya sahaya lepas dan sahaya transfer via card reader dimana card readernya sahaya colok ke leptop sahaya dan lalu sahaya command+a yang hal tersebut berarti sahaya menyeleksi semua data foto dan video yang ada di dalam folder Camera dimana pada saat proses mengcopy tersebut sahaya ternyata tihidak sehengaja menyehenggol meja lipet dimana menjadi alas tempat leptop saya diletakkan dan lahalu ahapa yahang teherjahadi? BAM! "The disk was not ejected properly. If possible, always eject a disk before unplugging it or turning it off."

Sahaya pikir pada saat itu memory card sahaya aman-aman sahaja pemirsah. Tahapi sehetelah sahaya periksaaaaa...

BAM! 

...kosong

......semua

..................isinya

...............................sama sekali

....................................................hilang.

Oh God, what should I do?!?? *sambil nangis* *ini nangis beneran loh kemaren, gak bohong*

Ya, gw nangis, pemirsah. Begini loh. Gw nggak masalah, kalo data-data contact gw ilang. Atau, data-data aplikasi ataupun dokumen-dokumen .doc atau .pdf gw ilang. Yang bikin nggak rela apa? Data fotooooooo sama videoooo gw sama Kiki sama Riska di tempat magang kemaren ilaaaanngg semuaaaaaaaaaaa!

...gw sedih. Jujur, gw sedih. Masalahnya, kita bertiga belum tentu ketemu lagi bareng-bareng kayak gitu. Kalopun suatu saat kita nanti ketemu dan seru-seruan foto-foto bikin video lagi, tapi kan momentnya udah beda, suasananya udah berubah, dan kita udah nggak kayak kemaren lagi. It's all about time and memories. Ini sedih, beneran. :'(

Terus juga foto-foto panorama pegunungan di Tea Walk yang gw foto waktu itu, itu juga sayang bangeeeettt kalo sampe ilang karena bagus-baguuuusss. :'(

Ini dia si card reader keramat beserta memory card yang masih nemplok di sana.

Gw udah coba berbagai macem recovery tools, macem MiniTools, TestDisk, DiskDrill, DataRecoveryFree, dan Recuva. DiskDrill menawarkan keeemudahan dan keecepatan dalam scanning, tapi yaaa buat yang free mah cuman bisa scanning doang, kalo mau recovery ya kudu beli sekitar $80an. Terus gw coba MiniTools, ini juga asik. Cumaan, untuk yang free, cuma dikasih jatah ngerecover data sebesar 1GB aja. Kalo mau ngerecover semua, yaaa beliiii.

Terus TestDisk, naaah yang ini 100% free! Beneran, tanpa beli-beli kita udah bisa ngerecover seeemua data! ....tapi susyah. Gw nggak paham caranya. Harus masuk-masuk ke Terminal dulu, cari bis yang sejurusan, beli tiket di loket atau mending naik dari pull terdekat, nggak, ini serius, ngerecover datanya harus lewat Terminal, dan gw nggak paham karena itu isinya tulisan semua dan bekgronnya item. Tulisannya juga gw nggak ngerti, banyak istilah-istilah IT yang gw nggak paham.

Laluuu berdasarkan hasil googling selama sekitar 0,5kg keringat/detik, gw menemukan DataRecoveryFree yang tersedia di App Store. Ini judulnya aja FREE bos, siapa juga yang nggak demen gratisan yekaan? Tapi setelah gw baca deskripsinya, yang free ini cuma bisa ngerecover format image atau picture aja guys. Kata gw dalem hati, oke lah gak papa, malem ini gw selametin foto-foto dulu, besok pagi gw coba lagi pake Recuva. Dan sukses tuh, data image keambil semua. Yaah nggak semua sih, banyak yang crash juga. Keesokan paginya, a.k.a tadi pagi, gw coba pake Recuva. Dan ternyahata bihisa sahaudara-sahaudaraaa! Tapi yaaa... gitu, nggak semua data berhasil kembali dengan selamat. Banyak yang crash, corrupt, dan nggak bisa dibuka sama sekali. Saya masih nggak rela, guys.. :'(

Karena udah kesel jugaaa, akhirnya gw memutuskan untuk sekalian ngefactory reset hengpon saya yang ganteng ini. Yaudah lah, mendingan gw ulang lagi dari awal. Kita mulai dari awal lagi, sama seperti kita pertama ketemu dulu. Aku ngeliat kamu bersinar di website Samsung, lalu aku ke toko dan ngeliat kamu semakin bersinar, bahkan mengedipkan mata seolah merayu untuk dibeli. Yah, kita seolah kembali ke masa-masa dua tahun silam itu, sayang. Seperti kamu yang dulu, yang masih polos belum berdosa. :')

Tampilan si Noti setelah difactory reset, seperti dahulu kala ketika masih suci :')

Kalo ditanya udah rela atas foto-foto dan video yang rusak? NGGAK! Gw belom rellaaaaaaaa!


Sayangilah hengpon dan memory card anda, sebelum mereka ngambek dan menghapus segala memori indah yang anda miliki di tangan mereka dengan cuma-cuma. (!)

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar