Kamis, 31 Desember 2009

Trip To Cilacap

Tanggal 26 malem kemaren, gw sama nyokap berangkat ke Cilacap naek bus DAMRI ekonomi. Kita melewati 12 jam perjalanan yang super berat (haha lebay). Kenapa berat? Karna selama perjalanan kita memangku tas besar dan juga kantong makanan buat oleh-oleh kesana, hehe. Nyokap gw sih enak, bisa tidur selama perjalanan. Lha gw? Boro-boro bisa tidur. Mana kaki pegel, pengap (soalnya jendelanya ditutup terus sama bapa-bapa dibelakang gw, padahal ujan juga ngga!), kadang-kadang tercium bau yang tidak sedap, sempit lagi! Gw sempet tidur diawal perjalanan, tapi kira-kira cuma setengah jam doang. Terus pas udah mau nyampe gw tidur lagi, kira-kira sejam. Jati totalnya gw tidur malem itu cuma 1 setengah jam! Rrrrggghhh....

Begitu nyampe dirumah Pakde, kita berdua langsung istirahat sebentar sambil nungguin Bulik gw yang juga mau dateng dari Ciamis. Setelah Bulik gw dateng, kita langsung menuju makam almarhum mbah gw, trus mampir kerumah sodara yang lain. Makam disana lucu dah. Ngga ada tanah, adanya pasir. Jadi makamnya pake pasir. Pantesan makam disana kebanyakan pada rata. Hmpir aja gw injek, soalnya ga keliatan kalo itu makam! Hehe.


Kebesokan paginya, tau-tau Pakde gw ngajakin pergi. Pakde gw ga bilang-bilang tuh mau ngajakin kemana, eh tau-tau kita dibawa ke pantai Teluk Penyu. Pantainya sih biasa aja, kayak pantai-pantai laennya. Yang bikin spesial, karna disana dekeeeeeettt banget sama Pulau Nusa Kambangan! Kira-kira ada kali 2-3 KM jaraknya dari pantai. Keliatan dari luar sih pulaunya sih keliatan kayak hutan yang lebat. Mungkin kayak Madagaskar kali ya? Hehe. Trus gw nanya sama Pakde gw, "Pakde itu mana penjaranya? Kok hutan semua, ga keliatan ada bangunan apa-apa sedikitpun?", kata pakde gw, "ya atuh didalem lah, ga keliatan. Jadi bener-bener dikarantina.". Oooo... Gw teriak dalem hati, "wow!". Hehe.

Tuh, yang keliatan ngegrinjil-ngegrinjil itu Pulau Nusa Kambangannya. Kaya hutan kan?

Karna ujan, akhirnya kita balik lagi kedalem mobil. Tapi begitu ngelewatin Benteng Pendem yang ada disekitar pantai itu, kita jadi penasaran banget pengen masuk kesana. Yaudah kita masuk dan liat-liat deh.. Sebenernya, nama asli bentengnya tuk bukan Benteng Pendem, tapi Benteng Van Dam (gw ga tau tulisannnya kayak gimana. hehe). Dulu dibangun sama Belanda buat pertahanan ngelawan musuh. Terus, pas jaman pendudukan Jepang, (gw kurang tau kenapa) Benteng itu dikubur pake tanah, jadi mendem gitu (makanya orang sana bilangnya Benteng Pendem).
Terus, pas taun berapa gitu, Pertamina kan pengen bikin tanki disitu. Pas lagi ngegali-gali, eh, ketemu deh tu Bentengnya! Terus dilaporin ke Dinas Pariwisata dan Dinas Purbakala. Akhirnya tempat itu dijadiin musium dan tempat wisata, trus si Pertaminanya bik tankinya ngegeser agak kesanaan dikit. Tapi kata guide-nya, didalem tanki ke-4 itu masih ada sisa bentengnya, ga diancurin. Berarti luas banget dong bentengnya?!?

Ini katanya sih ruang pertemuan.



Pohon gede ini, dulunya buat ngintai musuh yang ada dilaut. Dibawahnya ada makam Sekar Jagat. Tapi ternyata itu makam buatan. Soalnya masyarakat situ percaya kalo roh-nya Sekar Jagat ada dipohon ini.


Ini barak buat asrama tentara-tentaranya.


Ini buat latihan nembak.

Ruang penjara. Didalemnya ada bekas rantai didinding, buat dipasung didinding.


Ini buat pertahanan sekaligus buat nembak. Lubang-lubang kecil yang ada disitu buat naro senapannya.


Abis itu kita diajak buat masuk ke terowongannya yang gelaaaapp banget. Oya, FYI, didalem ruang eksekusi yang ada dibenteng ini pernah dijadiin lokasi acara Uji Nyali, dan ga ada yang lulus! Hiiiiii...

Ini juga buat pertahanan. Lubang gede itu buat naro meriam.



Disana juga banyak rusa gede-gede.


Trus banyak capung with a beautiful wings!

Akhirnya selesai juga kita "belajar sejarah"nya. Hehehe. Kebesokannya kita pulang ke Tangerang. Ngga kayak pas berangkat yang tersiksa banget selama perjalanan, kali ini perjalanan pulang sangat nyaman dan menyenangkan. Hehe. Kita dianterin sama Bude Murti ke stasiun di Purwokerto, trus naek kereta eksekutif Argo Lawu ke Gambir.

Emang dasar gw norak (maklum baru kali ini naek kereta eksekutif! hahaha), gw takjub banget pas liat di didinding sebelah tempat duduk gw, eh ternyata ada stop kontaknya! Hihihi.


Hihihi. Norak banget sih gw! :p Disana gw juga ketemu 2 anak kecil lucu yang duduknya didepan gw. Ternyata mereka abis liburan dari Bali. Dan rumah mereka di Jambi! Wow. What a loooong trip!


Trus ini diaaaa, poto-poto pemandangan yang very beautiful dari atas kereta.

Dan ternyata kereta eksklusif pun masih suka ditimpukin pake batu sama orang iseng!

Yes! This is my short holiday! How's yours?

HAPPY NEW YEAR AND HAPPY HOLIDAY :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar