Jumat, 25 Desember 2009

Zynga VS Playfish

Zynga dan Playfish. Yes, mereka itu adalah 2 perusahaan game terbesar dan terpopuler di Facebook ataupun Myspace. Gw rasa sih ya (mungkin emang kenyataannya) mereka berdua itu saing-saingan.

Awalnya, Zynga dulu ngeluarin game-game strategi macem FarmVille, Mafia Wars, Vampire Wars, Poker, dll. Dan awalnya Playfish itu bikin game-game (apa yah gw nyebutnya?) kayak Pet Society, Word Challange, Geo Challange, dll.

Seiring berjalannya waktu, FarmVille, Mafia Wars & Zynga Poker makin meledak jumlah pemainnya. Sama kayak Pet Society, makin membludak yang maennya.

Maka dari itu, masing-masing pihak mulai "meniru" kesuksesan dengan cara bikin game sejenis, tapi dengan gaya dan personality masing-masing perusahaan. Contohnya, Playfish yang bikin Country Story, yang mengingatkan kita akan game FarmVille. Tapi Country Story dibuat beda, dibuat dengan gaya Playfish. Cara mainnya pun agak beda.

Trus Zynga, bikin Cafe World, yang ngingetin kita sama Restaurant City. Tapi lagi-lagi, Cafe World dibuat dengan gaya Zynga, yang slalu bikin kita mikir disetiap game-nya.
Nah, yang terbaru, Playfish bikin Poker Rivals, dan Zynga bikin PetVille.

Well, yang mana yang lebih baik itu relatif aja menurut gw. Kita masing-masing punya rasa kenyamanan sendiri terhadap berbagai game yang kita maenin. Kayak gw nih. Gw sampe sekarang masih setia banget sama Restaurant City yang lebih ashoy ketimbang Cafe World, tanpa melupakan PetVille yang menurut gw jauh lebih atraktif dan lebih lucu ketimbang Pet Society.

Happy Gaming! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar