Senin, 17 Agustus 2009

Kegagalan Adalah Rencana Tuhan

Eits.. Jangan negatif thinking dulu sama Tuhan. Tuhan pasti punya rencana yang terbaik buat kita. Semua yang terjadi dibumi ini, Tuhan pasti udah ngerencanain. Tinggal gimana kita ngejalanin rencna-Nya ituu... Termasuk kegagalan.

Disat kita berada dititik terendah kita a.k.a kita gagal, yakin deh, Tuhan pasti punya rencana yang bagus buat kita. Yang harus kita lakuin, nyiasatin kegagalan kita menjadi suatu keberhasilan kita yang lain.

Gini deh.. Ni pengalaman nyata gw (ini dia kenapa gw pengen nulis hal ini, karna gw ngalamin sendiri dan gw pengen orang-orang ngga berenti tuk berusaha.^_^).
Gw dari kecil tertarik banget sama hal-hal yang berbau pengetahuan tentang bumi dan antariksa. Gw seneng banget nonton pilem-pilem tentang bencana alam. Dan puncaknya, gw bercita-cita pengen jadi ahli geo-fisika atau astro-fisika. Taaapppiiiiiiiiii, ternyata oh ternyata.......... glek! Nilai fisika gw 50 di rapor dan itu berarti meruntuhkan cita-cita gw buat jadi ahli geo/astro fisika! -itu berarti gw ngga bisa masuk ke jurusan IPA dan otomatis "ditendang" ke jurusan IPS-

Lo tau apa yang gw lakuin pas tau gw "ditendang" ke jurusan IPS?? Nangis. Selama liburan kerjaan gw nangiiiiss teruus tiap malem. Campur aduk dah yang gw rasain. Sedih, kesel, marah, dendam, malu (soalnya temen-temen gw pada dapet IPA). Waktu ntu gw marah banget. Gw mulai nyalah-nyalahin orang-orang atas kegagalan gw itu. Gw nyalahin Bu Dwi (guru fisika paling killer di sekolah), Bu Nani (wali kelas gw yang gw anggep pelit karena ngga bantuin gw buat menuju jurusan IPA). Rasanya gw dendaaaam banget. Gw sendiri juga ngga yakin dendam sama siapa. Yang jelas, dari perasaan dendam ini, muncul keinginan yang gede, yang kuat: PENGEN BUKTIIN, KALO GW BISA JADI YANG TERBAIK DI JURUSAN IPS. Tau-tau juga muncul pemikiran kaya gini: GW UDAH GAGAL DAPET JURUSAN IPA, DAN GW NGGA MAU GAGAL LAGI DI JURUSAN IPS. Dan dari rasa yang segitu buletnya gw rasain, dengan sendirinya gw berusaha ngejar apa yang pernah gw tinggalin. Gw jadi semangat buat berprestasi lagi. Gw jadi rajin dan alhamdulilah, sampe kelas 3 SMA gw selalu ada di peringkat 3 besar dikelas :D. Puncaknya, gw disuruh ikutan Olimpiade Sains Nasional dan (alhamdulilah lagi!) gw juara 1 di Kota Tangerang. Yaah, walaupun gw ngga berhasil di tingkat provinsi, it's ok, yang penting gw udah berusaha. Dan gw juga bisa ngebuktiin, anak IPS kaya gw aja bisa menangin lomba Geoscience -yang notabennya IPA banget lah-. Dan gw baru nyadar belakangan, ini nih yang emang Tuhan rencanain. Tuhan tau tempat gw bukan di jurusan IPA, karna jalan gw emang di jurusan IPS. Gw emang ngga bisa jadi ahli Geo/Astro Fisika, tapi gw bisa wujudin cita-cita gw yang lain: ENTERPRENEUR. (Aaammmiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnn.....)

Jadi, intinya, jangan pernah lah nyerah dulu kalo udah gagal. Sedih, marah, kecewa, dendam, itu udah pasti ada kok. Coba ikutin gaya gw, ngubah dendam jadi semangat positif. Setelah itu dengan sendirinya bakal ngebuka pandangan kita terhadap sebuah kegagalan. Dan dengan usaha serta bantuan Tuhan, akan berbuah menjadi sebuah keberhasilan yang rasanya sangat memuaskan! ^_^

Oya satu lagi, KEGAGALAN ITU BUKAN ORANG LAIN YANG NYEBABIN, TAPI KITA SENDIRI YANG MENYEBABKAN KEGAGALAN KITA.

1 komentar:

  1. Jurusan IPS nggak selamanya jadi kelas nomor 2 lho. Selama ini itulah anggapan orang. Jurusan IPS sama bagusnya dengan jurusan IPA. Dan mbak udah mbuktiin bahwa jurusan IPS tetap bisa ikutan olimpiade sains, yang sekaligus mematahkan realita bahwa jurusan IPS tidak hanya perlu menekuni bidang seputar geografi, sejarah dan ekonomi, tapi bidang lain. Jadi tetep semangat aja.

    Tulisan ini mengajarkan pada saya, bahwa apapun yang terjadi, itu adalah hal yang terbaik telah direncanaain Tuhan untuk saya khususnya.

    BalasHapus